TUGAS KELOMPOK
Judul Tugas: “MISI PENCARIAN: JEJAK DIGITAL YANG TEPAT”
Tujuan:
Melatih siswa dalam menggunakan mesin pencari secara efektif, menerapkan strategi penelusuran informasi, dan mengevaluasi validitas informasi dari internet dengan cara yang seru dan kolaboratif.
Siswa dibagi ke dalam kelompok berisi 4–5 orang.
Tugas kalian adalah memecahkan 3 misi pencarian informasi.
Presentasi dilakukan di depan kelas.
MISI 1: FAKTA ATAU MITOS?
Cari informasi mengenai sebuah berita atau isu populer saat ini (contoh: "Bahaya micin bagi otak", "AI akan menggantikan semua pekerjaan manusia").
➤ Gunakan mesin pencari dan teknik penelusuran yang tepat.
➤ Tampilkan 2 sumber terpercaya dan bandingkan isinya.
➤ Tentukan: Apakah informasi tersebut valid, tidak valid, atau setengah benar? Jelaskan alasannya.
MISI 2: CARI & TEMUKAN DENGAN CARA PINTAR!
Gunakan teknik penelusuran (site:, filetype:, tanda kutip, tanda mines, filter waktu, berdasarkan media) untuk mencari:
Dokumen PDF yang membahas "pengertian mesin pencari"
Berita terbaru mengenai "penggunaan media sosial di Indonesia"
Video edukatif tentang "cara kerja mesin pencari"
Gambar hewan peliharaan selain kucing
➤ Tunjukkan bagaimana kalian mencarinya, teknik yang digunakan, dan tautan hasil pencarian.
MISI 3: BATTLE MESIN PENCARI
Gunakan 3 mesin pencari berbeda (misalnya: Google, Bing, YahooSearch) untuk mencari informasi yang sama
Pilih 1 topik yang kamu suka (misalnya: “hewan langka di Indonesia”).
Apakah ketiga mesin pencari tersebut menemukan hal yang berbeda atau sama saja?
Menurut kalian yang mana mesin pencari yang paling baik?
TUGAS 2. INDIVIDU
SOAL ESSAI
Jelaskan secara singkat perbedaan antara crawling, indexing, dan ranking dalam cara kerja mesin pencari!
Berikan contoh dua teknik penelusuran efektif yang pernah kamu gunakan saat mencari informasi di internet, dan jelaskan mengapa teknik tersebut membantumu menemukan informasi yang relevan.
Rancanglah sebuah skenario pembelajaran di mana kamu mengajarkan temanmu cara mencari informasi yang akurat menggunakan teknik pencarian seperti “...”, site:, dan filetype:. Jelaskan langkah-langkahnya secara runtut!
Apa yang dimaksud dengan penelusuran lanjutan (advanced search)? Jelaskan dan beri contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar.
Seorang teman mengklaim bahwa dia menemukan informasi yang benar karena ada di halaman pertama Google. Menurutmu, apakah urutan hasil pencarian menjamin kebenaran informasi? Jelaskan pendapatmu dengan alasan logis!
SOAL REFLEKSI
Apa hal baru yang kamu pelajari hari ini tentang mesin pencari yang sebelumnya belum kamu ketahui? Bagaimana hal itu mengubah cara kamu mencari informasi di internet?
Bagaimana perasaanmu selama proses pembelajaran materi ini? Apakah kamu merasa tertantang, bingung, atau justru bersemangat? Jelaskan alasannya.
Jika kamu mengulang pelajaran hari ini, bagian mana yang ingin kamu pahami lebih baik lagi? Apa yang akan kamu lakukan agar bisa memahaminya?
Saat menghadapi bagian materi yang sulit, apa yang kamu lakukan? Apakah kamu mencari bantuan, mencoba sendiri, atau menyerah? Jelaskan.
Dari pembelajaran ini, kebiasaan apa yang ingin kamu ubah atau tingkatkan saat menggunakan internet untuk mencari informasi?