TUGAS 1. PROJEK KELOMPOK
Deskripsi Tugas
Setiap kelompok akan menjadi tim peneliti data yang ditugaskan untuk mencari dan menganalisis sumber data terbuka dan terpercaya dari internet untuk menjawab pertanyaan nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembagian Kelompok:
Guru membagi siswa ke dalam kelompok berisi 4–5 orang.
Pilih Satu Topik dari Daftar di Bawah Ini:
Jumlah penduduk provinsi di Indonesia tahun 2024
Tren penggunaan media sosial di kalangan remaja
Data tingkat kemiskinan dari tahun ke tahun
Perbandingan harga kebutuhan pokok di 3 kota besar
Statistik kendaraan listrik di Indonesia
Jenis transportasi Publik
Minat belanja online
Minat Baca remaja
Harga kebutuhan pokok
Game online yang paling populer dikalangan Gen Z
Misi Kelompok:
Cari minimal 3 sumber data terbuka dan legal terkait topik pilihan.
Evaluasi validitas dan legalitas sumber data tersebut.
Sajikan hasil pencarian dalam bentuk slide presentasi (min 7 slide) yang berisi:
Judul dan topik
Tujuan pencarian
Sumber data yang ditemukan (Judul, tahun diterbitkan, sumber: tautan dan institusi)
Evaluasi, gunakan teknik CRAAP:
Currency – Apakah datanya terbaru?
Relevance – Apakah sesuai dengan isu?
Authority – Apakah diterbitkan oleh instansi terpercaya?
Accuracy – Apakah datanya lengkap dan jelas?
Purpose – Apakah tujuannya informatif, bukan opini?
Visualisasi data (grafik/tabel sederhana)
Kesimpulan kelompok
Saran
Presentasi
Setiap kelompok akan memamerkan presentasi mereka secara bergilir di depan kelas. Siswa lain memberikan stiker bintang atau komentar pada hasil kerja teman.
Kreativitas Plus!
Kelompok yang menyajikan data dengan visualisasi yang menarik dan kreatif (misalnya presentasi di Canva) akan mendapat bonus poin!
Penilaian Berdasarkan:
Kesesuaian dan legalitas sumber data
Evaluasi terhadap validitas data
Kerapian dan estetika presentasi
Kerja sama dan pembagian tugas
Kejelasan dan ketepatan penyampaian saat presentasi
TUGAS 1. INDIVIDU
Essay: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar !
Seorang siswa menemukan data tentang "jumlah pengguna media sosial di Indonesia" dari blog pribadi seseorang, dan data tersebut tidak mencantumkan sumber resminya.
Apa yang harus dilakukan siswa tersebut untuk memastikan kevalidan dan legalitas data tersebut? Jelaskan langkah-langkahnya!
Dua temanmu sedang berdebat: satu mengatakan data dari Wikipedia bisa dijadikan sumber utama, yang lain tidak setuju karena menurutnya tidak valid.
Apa pendapatmu? Evaluasilah kelebihan dan kekurangan menggunakan Wikipedia sebagai sumber data!
Bayangkan kamu diminta membuat infografis tentang “Minat Baca Remaja” di Indonesia.
Jelaskan langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mencari data yang terpercaya, terbuka, dan legal. Sebutkan minimal 2 situs sumber resmi yang kamu pilih.
Kamu menemukan dua data dari dua sumber berbeda:
Data A dari situs resmi pemerintah tahun 2020
Data B dari artikel berita tahun 2023 tanpa sumber jelas
Jika kamu harus menggunakan salah satunya dalam laporan, data mana yang akan kamu pilih dan mengapa? Jelaskan dengan menggabungkan pengetahuan tentang validitas, legalitas, dan relevansi.
Sebutkan ciri-ciri sumber data yang terpercaya menurut kamu!
Lalu, buatlah cerita pendek tentang seseorang yang mengambil keputusan salah karena menggunakan sumber data yang tidak terpercaya.
Contoh awal cerita:
"Rina ingin membuat tugas tentang sampah plastik. Ia mengambil data dari akun media sosial yang tidak menyebutkan sumbernya. Akibatnya…
Refleksi: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur, sesuai dengan kondisi kalian saat ini!
Bagaimana perasaanmu saat menyelesaikan pembelajaran materi ini? Adakah materi yang sulit dan menantang bagimu?
Apa yang kamu rasakan ketika bekerja dalam kelompok? Apakah kamu merasa pendapatmu didengarkan dan dihargai? Jelaskan.
Dari proses diskusi kelompok tadi, apa hal yang paling kamu nikmati atau pelajari?
Jika kamu menghadapi kesulitan selama pembelajaran, siapa yang membantumu dan bagaimana kamu mengatasinya?
Apa yang ingin kamu tingkatkan pada dirimu sendiri saat mengikuti pembelajaran seperti ini di pertemuan berikutnya?