TUGAS 2. KELOMPOK
Judul: Menganalisis Data Kehidupan Sekolah
Deskripsi Tugas:
Setiap kelompok diminta melakukan proyek sederhana untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data yang relevan dari lingkungan sekolah. Data akan dianalisis menggunakan ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) serta disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan grafik. Proyek ini melatih kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan interpretatif.
Tentukan topik penelitian sederhana, contohnya:
Jumlah waktu belajar siswa per hari.
Jenis makanan favorit di kantin.
Jumlah uang jajan siswa per minggu.
Frekuensi penggunaan media sosial oleh siswa.
Waktu tidur siswa setiap malam.
Alamat tempat tinggal siswa
Merek handphone
Pemanfaatan handphone
Penggunaan media sosial
Frekuensi ibadah sholat siswa
Jenis olahraga yang dilakukan
Merek kendaraan
Hobi yang disenangi siswa
Mata pelajaran yang paling disuka
Jenis buku bacaan favorit/Koleksi buku
kebiasaan Membaca Buku
dll (bisa mencari topik yang lain)
Susun instrumen pengumpulan data, seperti kuesioner, wawancara, atau observasi (minimal 3 pertanyaan/ pengamatan)
Kumpulkan data dari minimal 50 responden (boleh lintas kelas atau dalam satu kelas).
Olah data yang telah dikumpulkan:
Hitung mean, median, modus
Buat tabel distribusi frekuensi
Buat diagram batang/lingkaran/garis
Analisis dan interpretasi data:
Membuat keputusan dengan melihat pola atau kecenderungan yang ditemukan
Membuat Prediksi adalah perkiraan yang dibuat dari pola data.
Kesimpulan dan saran
Sajikan hasil proyek dalam bentuk:
Laporan tertulis diketik di google docs
Pengolahan data dikerjakan di google spreedsheets
Diagram disajikan dalam bentuk infografis yang menarik (3 diagram ditampilkan)
Presentasi kelompok di depan kelas
Aspek Penilaian
Kelengkapan pengumpulan data : 20 Skor maksimal
Perhitungan mean, median, modus : 20 Skor maksimal
Tabel dan grafik penyajian data : 20 Skor maksimal
Analisis dan interpretasi data : 20 Skor maksimal
Kerja sama dan presentasi : 20 Skor maksimal
Total 100 Skor
TUGAS 2. INDIVIDU
Soal Essai: Jawablah soal essai berikut dengan tepat!
Apa perbedaan antara data kuantitatif dan kualitatif? Berikan satu contoh dari masing-masing jenis data.
Diberikan data tinggi badan siswa (dalam cm):
150, 152, 154, 154, 155, 155, 155, 157, 158
Hitunglah mean, median, dan modus dari data tersebut.
Mengapa dalam beberapa kasus, median lebih baik digunakan daripada mean dalam menganalisis data? Berikan contoh situasi nyatanya.
Seorang guru ingin mengetahui rata-rata nilai ujian kelasnya, namun terdapat satu siswa yang mendapatkan nilai sangat rendah karena sakit.
Nilai: 95, 90, 92, 94, 15
Apakah mean adalah ukuran pemusatan data yang tepat dalam kasus ini? Jelaskan alasannya dan berikan saran yang lebih sesuai.
Buatlah tabel distribusi frekuensi dari data berikut tentang jumlah buku yang dibaca oleh 20 siswa dalam sebulan:
berikut data yang diperoleh: 3, 4, 2, 5, 6, 2, 4, 3, 5, 4, 3, 6, 2, 4, 3, 5, 3, 4, 2, 4.
Refleksi: Jawablah sesuai dengan pemahaman dan kondisimu yang sebenarnya!
Menurutmu, apakah materi tentang mengolah data ini penting dipelajari oleh siswa? Jelaskan alasanmu.
Dari seluruh materi yang telah dipelajari (data, jenis data, mean/median/modus, tabel distribusi, grafik), bagian mana yang paling kamu pahami dan bagian mana yang masih membingungkan? Mengapa?
Bagaimana kamu dapat menggunakan keterampilan mengolah data ini dalam kehidupan sehari-hari atau dalam pelajaran lainnya?
Bagaimana peranmu dalam tugas kelompok saat membuat penelitian sederhana tentang pengolahan data? Apakah kamu merasa sudah berkontribusi dengan baik?
Apa tantangan terbesar yang kamu alami saat belajar materi tentang data dan informasi? Bagaimana caramu mengatasinya?