TUGAS 1. PROJEK KELOMPOK
Pengembangan Prototipe dengan Metode RAD
Judul Tugas:
Membuat Prototipe Aplikasi Digital Menggunakan Metode RAD
Deskripsi Tugas:
Bekerjalah dalam kelompok (4–5 orang). Bayangkan kalian adalah tim pengembang yang ditugaskan untuk membuat aplikasi digital sederhana. Gunakan metode RAD (Rapid Application Development) hingga tahap pembuatan prototipe dan flowchart logika aplikasi.
Instruksi Tugas Langkah demi Langkah:
Tahap 1: Business Modeling (Pemodelan Bisnis)
Pilih masalah nyata di lingkungan sekitar yang bisa diselesaikan dengan aplikasi digital.
Tentukan siapa pengguna utama aplikasi (siswa, guru, masyarakat, dll).
Buat ringkasan:
➤ Masalah yang ingin diselesaikan
➤ Tujuan aplikasi
➤ Manfaatnya bagi pengguna
Tahap 2: Data Modeling (Pemodelan Data)
Tentukan data utama yang akan digunakan dalam aplikasi.
Contoh: data pengguna, data pemesanan, dll.
Gambarkan struktur data sederhana dalam bentuk tabel atau daftar.
Tahap 3: Process Modeling (Pemodelan Proses)
Buat flowchart logika aplikasi untuk menunjukkan bagaimana aplikasi bekerja.
Flowchart bisa dibuat Menggunakan Canva/word
Tahap 4: Rapid Construction (Pembuatan Prototipe Awal)
Rancang tampilan awal (mockup) aplikasi digital.
➤ Minimal 3 tampilan: halaman utama, halaman input, dan halaman hasil/output.
➤ Gunakan Canva/ Figma/ PowerPoint
Hasil yang Dikumpulkan:
Dokumen Laporan Proyek (Word) berisi:
Judul proyek
Latar belakang masalah
Tujuan
Manfaat
Data utama
Struktur Data (tabel atau daftar data)
Flowchart logika aplikasi
Gambar prototipe (screenshot atau link ke tools prototyping)
Penjelasan desain
Slide Presentasi
Link atau file prototipe
Lembar Identitas Kelompok (Nama anggota, kelas, pembagian tugas)
Aplikasi Jadwal Belajar
Aplikasi Peminjaman Buku Perpustakaan
Aplikasi Pengingat Tugas Sekolah
Aplikasi Pemesanan Makanan di Kantin
Aplikasi belanja online
Aspek
Pemahaman Masalah dan Tujuan (skor 15)
Struktur Data yang Relevan (skor 10)
Flowchart Logika Aplikasi (skor 25)
Desain Prototipe Tampilan (skor 25)
Kreativitas & Kesesuaian Ide (skor 10)
Kerja Sama (skor 15)
Total Skor 100
TUGAS 1. INDIVIDU
Essay: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar !
Sebuah tim pengembang diminta membuat aplikasi administrasi sekolah yang harus selesai dalam 6 bulan dan tidak boleh berubah-ubah fiturnya. Menurutmu, pendekatan pengembangan apa yang paling cocok digunakan (Waterfall, Agile, atau RAD)? Jelaskan alasanmu berdasarkan karakteristik pendekatan tersebut.
Jelaskan bagaimana pendekatan Agile dapat membantu meningkatkan kualitas dan kepuasan pengguna dalam pengembangan perangkat lunak. Sertakan contoh situasi yang mendukung jawabanmu.
Bandingkan pendekatan Waterfall dan RAD dalam hal kecepatan pengembangan dan kebutuhan keterlibatan pengguna. Berikan contoh kondisi proyek di mana RAD lebih diunggulkan dibanding Waterfall.
Tugas kamu sebagai tim pengembang adalah membuat aplikasi layanan peminjaman buku digital di perpustakaan sekolah.
Rancang langkah awal yang harus kamu lakukan jika menggunakan metode RAD. Mengapa metode ini dipilih dibanding Agile
Dalam pendekatan Agile, pengembangan dilakukan secara iteratif dan kolaboratif. Namun, pendekatan ini bisa menimbulkan tantangan. Apa saja tantangan utama yang mungkin dihadapi tim saat menggunakan metode Agile, dan bagaimana solusinya?
Refleksi: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur, sesuai dengan kondisi kalian saat ini!
Bagaimana perasaanmu saat menyelesaikan pembelajaran materi ini? Adakah materi yang sulit dan menantang bagimu?
Apa tantangan atau kesulitan yang kamu hadapi selama mempelajari materi ini, dan bagaimana cara kamu mengatasinya?
Jika kamu diminta menjadi bagian dari tim pengembang aplikasi, peran apa yang ingin kamu ambil, dan bagaimana pendekatan yang kamu pilih bisa mendukung peranmu?
Bagaimana pembagian tugas dalam kelompokmu? Apakah semua anggota berperan aktif?
Apa hal paling berkesan atau menantang selama proses kerja kelompok ini? Bagaimana kalian menghadapinya?